PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI PILMAPRES UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

admin Berita

pilmapres

Universitas Jabal Ghafur (Unigha) telah menyelesaikan rangkaian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) yang dibuka untuk mahasiswa program Sarjana dan Diploma tahun 2021. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Biro Kemahasiswaan mulai tanggal 3 Juni 2021 sampai tanggal 4 Juni 2021.

pilmapres

Seleksi Awal

Rangkaian kegiatan Pilmapres Unigha 2021 dimulai dengan sosialisasi lewat media sosial (group ormawa/UKM) serta pemberitahuan ke Fakultas melalui Dekan Fakultas. Peserta yang tertarik ikut Pilmapres harus memenuhi berbagai persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain data Kartu Tanda Mahasiswa (bukti mahasiswa aktif), Kartu Tanda Penduduk (batas maksimal persyaratan umur), serta Transkrip nilai (bukti Indeks Prestasi tidak kurang dari 3,00). 

Peminat juga diharuskan melampirkan data prestasi yang membanggakan baik itu sebagai juara di kompetisi, keterlibatan di organisasi kemahasiswaan dan penghargaan-penghargaan lain yang bisa dimasukan ke dalam rekognisi.

Per tanggal 3 Juni 2021, terdapat 18 mahasiswa peserta Pilmapres Unigha yang berhasil memenuhi persyaratan dan mengikuti seleksi tes potensi akademik (TPA) yang dilakukan melalui google form. Ke 18 orang mahasiswa tersebut adalah juga utusan dari masing-masing Fakultas yang ada di lingkungan Unigha.

Penjurian

Penyelenggaraan Pilmapres Unigha hari pertama dilakukan pada tanggal Kamis (3/6/2021) antara Pukul 13.00-14.00, yaitu tes potensi Akademik (TPA). Acara dimulai oleh sambutan dari Kepala Biro Kemahasiswaan Herizal, SE, MM dan pembukaan kegiatan Pilmapres oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Amirzan, M. Pd. Acara ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Rahmi Agustina, S.Si, M,Si dan Kabag Kemahasiswaan Muslem, M. Pd. 

Setiap peserta mendapat alokasi waktu maksimal 45 menit. Peserta diberikan waktu maksimal 60 menit untuk menjawab semua butir pertanyaan yang disediakan. Seteleah waktu berakhir, para peserta diperkenankan untuk meninggalkan lokasi kegiatan dan Kembali lagi keesokan harinya untuk mengikuti tes wawancara dan pemeriksaan dokumen prestasi.

Penyelenggaraan Pilmapres Unigha hari kedua dilakukan pada tanggal Jumat (4/6/2021) antara Pukul 10.00-11.30, yaitu tes wawancara dan pemeriksaan berkas dokumen prestasi. Acara dimulai oleh sambutan dari Kepala Biro Kemahasiswaan Herizal, SE, MM dan pembukaan kegiatan Pilmapres oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Amirzan, M. Pd. Acara ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Rahmi Agustina, S.Si, M,Si dan Kabag Kemahasiswaan Muslem, M. Pd

Pemilihan Pemenang

Pada pukul 11.30 Wib pelaksanaan rangkaian seleksi selesai dilaksanakan. Para peserta diharap menunggu sejenak untuk diumumkan keputusan hasil penilaian. Sebelum pengumuman yang dibacakan langsung oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, kepada seluruh peserta diberikan wejangan dan nasehat langsung oleh bapak Rektor Unigha Prof. Dr. Bansu I Ansari, M. Pd. Berdasarkan proses penjurian dan penilaian, panitia mengumumkan peringkat Pilmapres Unigha tahun 2021 adalah Ishfa Amsala (18105111087) dari Fakultas Teknik dengan total nilai 96 di peringkat pertama, terpilih sebagai perwakilan Pilmapres Unigha untuk jenjang Sarjana (S1) dan Nadia Khairani br Ritonga (18106210002) dari D3 Fakultas Ekonomi dengan total nilai 77 terpilih sebagai perwakilan Pilmapres Unigha untuk jenjang Diploma/vokasi.

Kedua perwakilan yang terpilih akan dikirim ke tingkat LLDikti Wilayah XIII untuk mengikuti kegiatan tahap berikutnya. Semoga keduanya dapat membawa nama Universitas Jabal Ghafur mampu bersaing dengan peserta Pilmapres dari Universitas se-Indonesia. (*Humas Unigha)