PENGENALAN UMKM BAGI MAHASISWA KKN UNIVERSITAS JABAL GHAFUR

admin Berita

KKN

Gle Gapui, Sigli (5/6/2021), – Dalam rangka persiapan Kuliah Kerja Nyata (KKN )bagi mahasiswa semester akhir Universitas Jabal Ghafur, maka Badan Pelaksana BAPEL KKN  UNIGHA mengadakan pengarahan KKN dengan mengusung tema “Pengenalan UMKM Potensi Desa” bagi Mahasiswa KKN Tematik,bertempat di Gedung Leuguna Kampus Universitas Jabal Ghafur, yang diikuti oleh mahasiswa KKN Universitas Jabal Ghafur dan Dosen Pembimbing (Suvervisor) pada tanggal 05 Juni 2021. Ketua BAPEL KKN Unigha, Junaidi Salat, S. Kom., M.Kom menyampaikan bahwa pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, mahasiswa yang sudah mendaftar KKN  berjumlah 130 orang dari 6 (enam) Fakultas di lingkungan Universitas Jabal Ghafur, 1 (satu) kelompok berjumlah antara 9-10 mahasiswa sesuai jumlah mahasiswa yang sudah terdaftar. Beliau berharap Pelaksanaan KKN Tematik berjalan dengan lancar dan tetap mengikuti protokol Kesehatan COVID-19 selama di desa tempat mahasiswa KKN ditempatkan.

Wakil Rektor III Bagian Kemahasiswaan, Dr. Amirzan, M. Pd juga menyampaikan ketika Pelaksanaan KKN di desa, mahasiswa sudah semestinya fokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), bukan hanya membangun infrastruktur dan membuat laporan, harus ada perubahan disaat mahasiswa selesai mengikuti KKN di desa tersebut di berbagai sektor sesuai dengan ilmu yang didapat pada kuliah pada masing-masing Jurusan.

KKN

Dra. Mardaini menyampaikan bahwa permasalahan sudah ada di desa-desa, tergantung mahasiswa KKN mau pilih yang mana untuk di angkat sebagai bahan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang terdapat di desa tersebut.

“Mahasiswa KKN bisa masuk ke semua sektor tanpa harus di gali, karena potensi untuk mahasiswa KKN Tematik lebih mudah dengan adanya UMKM, serta bisa menjadi pendamping di masyarakat dalam mengangkat kualitas produk dengan mengontrol kualitas yang sedang dikembangkan oleh masyarakat” jelasnya pada Sabtu (05/06) di Gedung Leuguna Kampus UNIGHA.

Mantan Sekretaris Disperindagkop – UKM Pidie tersebut menambahkan, saat ini masih banyak UMKM di desa-desa tidak ada manajamen dalam pelaksanaan, maka sudah menjadi tugas mahasiswa untuk masuk dan membuat perubahan yang lebih baik.

Sebelum penutupan acara pengarahan tersebut, Muslem, S. Pd., M. Pd selaku Moderator memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam sesi tanya jawab, sehingga mahasiswa menjadi lebih memahami pada saat mulai pelaksanaan KKN hingga membuat laporan.

Pengarahan yang diakhiri dengan penutupan oleh Rektor Universitas Jabal Ghafur, Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M. Pd, beliau mengharapkan kepada mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Teknik untuk bisa membuat pemasaran melalui Online terkait dengan UMKM, begitu juga dengan mahasiswa Fakultas yang lainnya.

Sebelum acara ditutup, beliau menambahkan KKN Tematik dilaksanakan selama waktu  1 (satu) bulan dan tetap mengikuti Prokes Covid 19 selama di desa penempatan. (S)

(sumber :  kkn.unigha.ac.id )